Kabel Serat Optik

Kabel Serat Optik - Hallo sahabat Download Applikasi Androit Gratis, Pada sharing Download Applikasi Androit Gratis kali ini yang berjudul Kabel Serat Optik, saya telah menulis review dari applikasi tersebut yang saya proleh dari berbagai sumber (www.google.co.id). mudah-mudahan isi postingan Download Applikasi Androit Gratis yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia Download Applikasi Androit Gratis.

Judul : Kabel Serat Optik
Link : Kabel Serat Optik

lihat juga


Kabel Serat Optik


kabel serat optik

Serat optik adalah saluran Transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari Kaca atau Plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai Rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan Sinyal Cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 Mikrometer.
Dengan Lebar Jalur (Bandwidth) yang besar sehingga kemampuan dalam Mentransmisikan data menjadi lebih banyak dan cepat dibandingan dengan penggunaan kabel konvensional.
Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas/kaca. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.
Penggunaan cahaya sebagai pembawa Informasi sebenarnya sudah banyak digunakan sejak zaman dahulu, baru sekitar tahun 1930-an para ilmuwan Jerman mengawali eksperimen untuk mentransmisikan cahaya melalui bahan yang bernama Serat Optik. Baru pada Sekitar awal tahun 1960-an perubahan Fantastis terjadi di Asia yaitu ketika para ilmuwan Jepang berhasil membuat jenis Serat Optik yang mampu Mentransmisikan Gambar.
Kabel Serat Optik terdiri dari 2 bagian utama, yaitu cladding dan core. Cladding adalah selubung dari inti (core). Cladding mempunyai indek bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam Core lagi.
manfaat kabel serat optik

Kelebihan Serat Optik

  1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan
  2. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio
  3. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi
  4. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang
  5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api
  6. Tidak berkarat.
  7. Dapat menjangkau sampai puluhan bahkan ratusan kilometer.  
Kerugian Serat Optik
  1. Penyambungan serat harus menggunakan teknik dan ketelitian yang tinggi. 
  2. Sulit membuat terminal pada kabel serat Optik





Demikianlah Artikel Kabel Serat Optik

Sekian Download Applikasi Androit Gratis Kabel Serat Optik, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan mengenai Download Applikasi Androit Gratis kali ini.

Anda sedang membaca artikel Kabel Serat Optik dan artikel ini url permalinknya adalah https://downloadapplikasiandroitgratis.blogspot.com/2014/04/kabel-serat-optik.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Kabel Serat Optik"

Posting Komentar